Sabtu, 14 September 2013

CARA MEMBERI PAKAN FERMENTASI PADA TERNAK




Pada tulisan terdahulu “Fermentasi Gedebog Pisang untuk Pakan Kelinci” ada pertanyaaan kenapa ternaknya tidak mau makan pakan fermentasi tersebut. Yang perlu diketahui adalah tujuan utama pemberian pakan fermentasi gedebog pisang pada kelinci/ternak lainnya adalah sebagai salah satu alternatif pemberian pakan pada ternak yang memudahkan kita menyediakan sumber pakan ternak, sehingga bisa mengurangi waktu, biaya dan tenaga kita dalam beternak. Padahal pakan yang paling berkualitas adalah pakan hijauan makanan ternak.

Untuk memberi pakan fermentasi pada ternak perlu waktu karena ternak harus menyesuaikan dengan pakan fermentasi tersebut. Memberi pakan fermentasi pada ternak seperti kelinci, kanbing, sapi, dan sebagainya tidaklah semudah memberi pakan hijauan makanan ternak. Ternak yang biasanya diberi hijauan segar dan secara tiba-tiba diberi pakan fermentasi saja maka kemungkinan besar ternak tersebut tidak akan mau memakan pakan fermentasi yang kita berikan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar
ternak seperti kelinci, kambing, sapi, dan sebagainya mau memakan pakan fermentasi, cara tersebut semuanya dilakukan secara bertahap.
Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Ternak tidak diberi makan / puasa sehingga kelaparan
Pada saat lapar ternak akan memakan pakan yang ada disekitarnya walaupun rumput kering sekalipun      sehingga kalau diberi pakan fermentasi akan juga dimakannya. Tetapi yang perlu diingat adalah kita harus tetap memberi minum ke ternak karena kalau tidak diberi minum malah akan berakibat fatal seperti bisa menyebabkan kematian pada ternak.
Cara ini biasanya ternak lebih cepat mau memakan pakan fermentasi tersebut.
       2. Ternak beradaptasi dengan pakan fermentasi
Cara ini adalah dicampurnya pakan fermentasi dengan makanan hijauan segar atau  dengan perbandingan sama. Cara ini akan mengurangi resiko pengurangan berat badan pada ternak.

Demikian tulisan singkat ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar