Senin, 21 Januari 2013

FERMENTASI GEDEBOG PISANG UNTUK PAKAN KELINCI



KELINCI MAKAN GEDEBOG PISANG (POHON PISANG)
                                                    
Kelinci atau bahasa Jawa disebut trewelu dan dalam bahasa Inggris di sebut The Rabbit. Kelinci adalah hewan yang banyak kegunaan dan manfaat bagi masyarakat, karena dapat memberikan tambahan gizi, menambah penghasilan dan bisa mendidik anak mengenal lingkungan dengan beternak kelinci. Mengapa demikian ?
Karena keistimewaan kelinci adalah :

  • Kelinci mudah pemeliharaannya, tidak banyak memerlukan tenaga juga tidak banyak memerlukan tempat;
  • Kelinci cepat berkembang biak;
  • Daging kelinci amat lezat dan mempunyai nilai gizi yang tinggi.
Adapun kegunaan/ manfaat kelinci ada pada daging, kulit/bulu dan kotorannya.
Salah satu kemudahan memelihara kelinci adalah pada pakan/makanan kelinci. Sumber makanan kelinci ada banyak disekitar rumah dan juga banyak dijual ditoko makanan hewan atau supermarket disekitar kita.
Namun untuk mencari bahan makanan kelinci kadang-kadang kita butuh waktu atau butuh biaya, karena kelinci adalah hewan yang doyan makan sehingga butuh makanan yang  segar setiap hari, sehingga butuh waktu untuk merumput . Sedang makanan kelinci dalam bentuk pelet yang tersedia di toko-toko perlu biaya yang lebih mahal. Untuk mengurangi hal tersebut adal alternatif lainnya, yaitu membuat pakan dari fermentasi gedebog pisang. Jenis makanan ini sudah sering digunakan untuk hewan ternak lainnya seperti sapi dan kambing. Padahal jenis makanan dari gedebog pisang ini bisa juga diberikan kepada kelinci.Bahan gedebog pisang mudah di dapat, demikian juga bahan-bahan lainnya. Setelah memakan pakan fermentasi gedebok pisang ini kelinci jadi tambah lincah, sehat, cepat besar dan kotorannya menjadi tidak bau.
Cara membuat fermentasi gedebog pisang untuk kelinci yang penulis pernah buat adalah sbb :
Bahan :
  • Gedebog pisang + daun pisang = + 10 Kg;
  • Ampas tahu = 1 Kg;
  • Tetes tebu (bisa diganti dengan gula pasir/kecap/madu) = 1 sendok makan/secukupnya;
  • Air = 2 Liter;
  •  Obat fermentasi pakan (Penulis pakai Suplemen Organik Cair/SOC produksi CV HCS POWERINDO) = 1 tutup botol.
Peralatan :
  • Pisau atau alat cacah;
  • Terpal, plastik atau bekas kantong pupuk;
  • Tempat makanan fermentasi (ember, bekas tempat cat dsb)
  •  Alat semprotan/wadah larutan.
Proses pembuatan :
  • Gedebog pisang + daun pisang dicacah-cacah;
  • Cacahan tersebut dicampur dengan ampas tahu dan ditaruh diatas terpal;
  • Obat fermentasi pakan, gula pasir/kecap/madu dilarutkan dalam air;
  •  Larutan tersebut disemprotkan/dipercikan ke campuran gedebog pisang dan ampas tahu;
  • Setelah selesai ditutup rapat atau dimasukkan ke dalam bekas ember cat dan ditutup rapat;
Fermentasi gedebog pisang tersebut dapat diberikan setelah 24 jam.
Selamat mencoba.
Obat SOC penulis beli di : http://herbal-islami.com/index.php?id=hidayatahnaf
Ini adalah foto-foto kelinci makan gedebog pisang

 
             

59 komentar:

  1. wah,
    udh 2 hari aku cari2 cara membuatnya ahirnya ketemu juga, Thx ya mas
    kalo boleh tanyak :
    1 ampas tahun bisa ngak di ganti dengan yang lain?
    2. Obat fermentasi pakan (Penulis pakai Suplemen Organik Cair/SOC produksi CV HCS POWERINDO) = 1 tutup botol.Bli di toko pertanian kah??
    thx ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya pernah coba pakai bekatul/dedak, kelinci tdk mau makan. Tapi nggak tahu kalau yang lain.
      2. SOC saya beli online di : http://herbal-islami.com/index.php?id=hidayatahnaf
      Thx juga.

      Hapus
  2. jazaakallohu khoiron katsiiron ats infrmasinya,,,,
    namun ada yg msh blm jelas bg saya,, setelah disemprot air campuran itu,, apakah perlu d aduk lg debok dan ampas tahunya biar airnya campur dgn keduanya atau dah cukup langsung dibungkus aja tanpa disentuh lg sama sekali.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya lakukan adalah waktu memasukkan pakan fermentasi tersebut ke dalam ember cat sambil diaduk dan dibuang sisa airnya, karena dari pengalaman pakan fermentasi yang ada airnya, kelinci tidak suka memakannya. Tetapi walaupun tidak diaduk air campuran tersebut sudah meresap sendiri. Terima kasih juga atas perhatiannya.

      Hapus
  3. setelah 24jam pakan langsung bisa di berikan atau di peras dulu untuk mengurangi kadar air, kalo S0C di ganti EM4 apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah diperas dulu, airnya akan meresap sendiri dan biasanya ngumpul dibawah ( nanti airnya dibuang saja). Untuk EM4 saya belum pernah mencoba jadi tidak bisa menjawabnya. Terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
  4. bos debog pisangnya di cacah sampai halus atau bagaimana? Apakah pakan fermentasi tidak menyebabkan indukan majir/susah hamil? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya lakukan ngga' sampai halus, kira-kira 1-3 cm panjangnya. Saya kira tidak sampai menyebabkan majir/susah hamil.

      Hapus
    2. untuk pakan fermentasi yang sudah jadi tahan berapa lama bos max?

      Hapus
    3. Yang pernah saya alami sampai 20 hari, tetapi kalau melihat informasi lain bisa sampai 1 bulan.

      Hapus
  5. untuk menyimpan sampai 20hari pakan fermentasi yang udah jadi apakah perlu di tutup lagi? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakan fermentasi tersebut kan bisa diberikan setelah 24 jam, yang saya maksud 20 hari adalah habisnya pakan fermentasi tersebut dan tentunya ditutup.

      Hapus
  6. om kalo soc diganti em4 yg buat ternak itu bs ndak ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mencobanya, jadi tidak bisa menjawab. Trims.

      Hapus
  7. Setelah ngasih pakan ,apakah hrus dttup lg sisa pkan yg di ember?

    Kalau ukuran cacahanya sbesar 4-5cm,gmn y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ditutup nanti sisa pakan yang di ember cepat busuk, ukuran segitu juga ga apa-apa.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih juga atas perhatiannya.

      Hapus
  9. d mana saya bs dptkan SOCnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli online di : http://herbal-islami.com/index.php?id=hidayatahnaf

      Hapus
  10. makasih ya atas infonya gan,,
    mudah-mudahan kelinci saya tumbuh dengan baik..

    BalasHapus
  11. mas, agar kelincinya mau makan pakan fermentasinya bagaimana ya?saya sudah buat sesuai aturan diatas, tapi kelincinya tidak mau makan

    BalasHapus
  12. ada ndak nomor telepon yang bisa saya hubungi mas?trima kasih

    BalasHapus
  13. pak ada video pembuatan nya gak biar lebih ditail atau ada alamat FB yang bisa di hubungi atau add fb saya biar bisa mengerti

    http://www.facebook.com/Irfan.Cyberzone

    salam peternak kelinci dari malang jawa timur

    BalasHapus
  14. Salam juga, mohon maaf saya tidak ada video pembuatannya, untuk FB Saudara sudah saya add, terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  15. Trimakasih atas infonya mas .....
    Kemarin saya mencoba menggunakan larutan EM4 dan menggunakan gedebog pisang kepok dan hasilnya belum memuaskan... Kelinci masih belum mau makan. Nanti saya mau coba lagi dengan gedebog pisang jenis yang lain .... mudah2an berhasil. kalo boleh tau, abang pake gedebog pisang apa??? apakah berpengaruh ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, saya juga menggunakan gedebog pisang kepok dan belum pernah mencoba dengan gedebog pisang lain jadi tidak tahu berpengaruh atau tidak. Coba terus dengan menambah bahan-bahan lain sesuai kreativitas sendiri, nanti kalau berhasil mohon diinsformasikan biar kita tambah ilmu/pengalaman. Terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
  16. sudah saya coba tetapi belum bisa bang,apakan ada cara lain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mencoba pakai EM4 jadi tidak tahu, tapi kalau pakai SOC saya tambahkan garam & kelinci mau memakannya atau coba diperbanyak daun-daunan.

      Hapus
  17. Kelinci ternyata suka makan eceng gondok lho. Kalo punya kolam ikan ditanami eceng gondok saja untuk pakan kelinci.

    BalasHapus
  18. kalau mengunakan EM4 berapa takarannya tolong imfonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya belum pernah menggunakan EM4 jadi tidak tahu takarannya.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. saya sudah berhasil pake EM4 mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya selamat, mungkin kiat-kiatnya bisa diinformasikan ke yang lain biar tambah pengetahuan dan bermanfaat.

      Hapus
  21. saya sudah coba mas dan kelinci doyan... untuk selanjutnya apakah kelincinya di kasih makan fermentasi saja apa masih perlu hijauan segar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya selamat dan terima kasih atas perhatiannya. Untuk selanjutnya ya terserah mas saja, pakan fermentasi tersebut hanya salah satu alternatif yang memudahkan saja dan sudah cukup gizinya tapi bisa juga dikasih hijauan segar untuk variasi makanan.

      Hapus
  22. sekedar info saja untuk para sahabat semua,ada bahan pemfermentasi yg biasa Qt konsumsi. produk itu adalah yakult. untuk takaran silahkan para sahabat kira2 sendiri.
    ini jelas aman dan tnp efek samping krn mengandung bakteri yg menguntungkan.
    terimakasih

    BalasHapus
  23. Saya pake em4 berhasil, tips buat temen2 peternak agar kelincinya mau makan,dipuasakan dulu satu hari,dikasih air minum aja. Besok baru mau mkan karna lapar, tapi tidak disarankan pada kelinci sakit,hamil,atau menyusui, setelah besoknya kelinci lahap makn fermentasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas tambahan informasi/tipsnya, tapi saya tetap berikan kepada kelinci yang hamil/menyusui dan kelincinya tidak apa-apa, malah anak kelinci kelihatan sehat-sehat.

      Hapus
  24. Balasan
    1. Bagi yang menggunakan em4 mungkin bisa menularkan ilmunya, karena saya sendiri belum pernah menggunakan em4 jadi tidak tahu takarannya.

      Hapus
  25. mas, bolehkah link blognya saya tempel di blog saya.,.,???
    kebetulan saya jual SOC mas.,.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mas, terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
    2. UPDATE HARGA SOC HCS.,.,
      http://soc-hcs-yogya.blogspot.com/

      Hapus
  26. Mas mau nanya kira2 harga SOC Perbotol brapa y,,,,,,,,makasih infonya ditunggu

    BalasHapus
  27. ijin tanya gan,apakan pakan fermentasi kandungan gizinya lebih tinggi dr pada pakan dr alam? apakah bisa membuat kelinci lebih gemuk drpda pakan rumput biasa(dr alam)

    BalasHapus
  28. mantap gan infonya dan cara ini sangat tepat untuk dipakai dalam bisnis budidaya kelinci,sukses terus

    BalasHapus
  29. asslm..mas klo tanpa dedak/bekatul atau tanpa ampas tahu..hanya gedebog pisang aja bisa ga yach..mohon pencerahaanya, wasslam

    BalasHapus
  30. Mohon bantuan'nya...yg sudah berhasil pake pake EM4 bagi info'nya dong.ssya pnya EM4 tapi blm bisa mengaplikasikan.
    mohon bantuan'nya.

    BalasHapus
  31. Pake EM4 sama saja mas....pungsinya utk pengurai bakteri mikroba

    BalasHapus
  32. Mksh infonya Gan, sy nyoba pake EM4 peternakan dg konsentrasi 1cc atau 1ml per liter air + molase (tetes) 1 cc/ltr jg. Tak tutup rapat dg plastik diamin 3 hari, hasil jooss.. Rakus banget makannya. Hehe..

    BalasHapus
  33. mas didekat saya ada pabrik roti/kue dan biasanya ada limbah roti ( yang tidak laku dijual/return ) apakah bisa pengganti ampas tahu? kalo sekarang saya pakai adonan kangkung cacah, nasi sisa( sdh dikeringkan/nasi aking tp dimasak lagi ( sedikit repot) sama dedak atau bekatul, air , alkhamdulilah kelincinya makannya lahap

    BalasHapus